Oleh: zuhudhi | 26 Januari 2009

Hari Ini (26/01/09) Gerhana Lho!

Membaca salah satu berita di jagad maya, ternyata hari ini, Senin 26 Januari 2009 (bertepatan dengan 29 Muharrom 1430 H), akan terjadi gerhana. Gerhana yang terjadi adalah gerhana matahari yang diperkirakan terjadi mulai pukul 14.00-16.30 sore ini. Berikut beritanya.

————————————–

BANDUNG, (PRLM).- Ormas-ormas Islam di Jawa Barat menyerukan kaum Muslimin untuk melaksanakan salat dan pengumpulan dana pada saat gerhana matahari, Senin (26/1) ini. Gerhana tersebut tidak berkaitan dengan bencana alam yang kini kerap melanda maupun bencana lainnya seperti krisis global yang dampaknya lebih terasa pada tahun 2009.

Seruan tersebut dikemukakan Ketua Pimpinan Pusat (PP) Persatuan Islam (Persis) KH. Shiddieq Amin, Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jabar HR Maulany, dan Ketua Nahdatul Ulama (NU) Kota Bandung, KH. Maftuh Kholil, Senin (19/1). Seruan sama juga dikatakan Ketua Persatuan Umat Islam (PUI) Jabar H. Djadja Djahari, Ketua Syarikat Islam (SI) Jabar KH. Nandang Koswara, Sekretaris Muhammadiyah Jabar Ustaz H. Jamjam Erawan, dan Ketua Mathlaul Anwar Jabar H. Fadhil Syamsuddin.

Menurut Ustaz Shiddieq, perisitiwa langka akan terjadi pada Senin (26/1) berupa gerhana matahari annulus atau hanya 92 persen matahari tertutup bayangan bulan. “Suasananya seperti di petang hari, ini mengingat hanya sebagian kecil saja sinar matahari yang menembus muka bumi di jalur gerhana,” katanya.

Jalur gerhana dari Samudera Hindia sekitar selatan perairan benua Afrika pada Pk 6.06 GMT (pukul 13.06 WIB), daratan Sumatra bagian Selatan, Kalimantan Barat-Tengah- Timur, sebagian provinsi Gorontalo dan berakhir di selatan Mindanao, Philipina pukul 17.52 WITA.

“Salat dilaksanakan ketika gerhana terjadi yang bisa dilaksanakan sekitar pukul 14.00-16.30 WIB,” ujarnya. (Sumber: pikiran-rakyat.com)

————————————–

Nah, bagaimana kita sebagai muslim menyikapi fenomena alam ini? Anda bisa membaca artikel ini.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: