Oleh: zuhudhi | 4 Desember 2006

Siapakah Aku?

siapakah aku ???

aku adalah teman tetapmu

aku adalah penolongmu yang terbesar atau bebanmu yang terberat.

aku akan mendorongmu maju atau menyeretmu menuju kegagalan.

aku sepenuhnya tunduk kepada perintahmu.

sebagian hal yang kulakukan mungkin sebaiknya kamu serahkan saja kepadaku,

maka aku akan dapat melakukannya dengan cepat dan tepat.

aku mudah diatur – kamu tinggal tegas terhadapku.

tunjukkan kepadaku bagaimana persisnya kamu ingin sesuatu itu dilaksanakan dan setelah beberapa kali belajar aku akan melakukannya dengan otomatis.

aku adalah hamba dari semua insan besar, dan sayangnya, juga hamba dari semua pecundang.

mereka yang besar, telah kujadikan besar.

mereka yang gagal, telah kujadikan pecundang.

aku bukan mesin, walaupun aku bekerja dengan ketepatan seperti mesin ditambah intelejensi manusia.

kamu bisa menjalankan aku demi keuntungan atau demi kehancuran – tak ada bedanya bagiku.

ambillah aku, latihlah aku, tegaslah terhadapku, maka aku akan meletakkan dunia di kakimu. kendorlah terhadapku maka aku akan menghancurkanmu.

siapakah aku?

aku adalah:
k e b i a s a a n
(habits)

 


Responses

  1. Anda sendiri siapa?
    Seberapa “deep” Anda ber-“thinking”?
    Se-“deep” inikah?

    >>> Buat Mas (atau Mbak???) Erdosam, sebelum mengajukan pertanyaan-pertanyaan itu, sebaiknya Anda bertanya dengan pertanyaan yang sama terlebih dahulu kepada diri Anda… Ditambah dengan pertanyaan: “Apa mau Anda?”.
    Dan harap diketahui, artikel yang ada sampai saat ini di kategori “Deep Thinking” ini baru merupakan “pemanasan”. Berikutnya akan menyusul artikel yang membawa pembaca ke inti yang sebenarnya. Pembaca akan saya ajak “Berpikir secara Mendalam…”
    Bagi sebagian orang aktivitas ini (berpikir mendalam-zuh), merupakan pekerjaan yang melelahkan, atau hanya untuk para filosof. Saya akan membuktikan bahwa pendapat ini salah. Bahkan bagi kita, baik sebagai manusia atau terlebih sebagai muslim, berpikir merupakan keharusan. Tunggu saja, materi-materinya sedang diolah. Terus simak blog saya ini. Terima kasih.

  2. terimakasih atas nasehat yang teramat membantu saya yang mengalami masalah kedisiplinan. semoga Allah SWT membalas kebaikan anda.

  3. insyaallah saya akan mengubah kebiasaan saya. kebiasaan buruk akan saya hilangkan dan akan melatih kebiasaan baik saya.

    Iya, mari kita sama-sama berusaha menghilangkan kebiasaan buruk kita masing-masing. Barangkali yang bisa dijadikan patokan adalah: “Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin, dan besok harus lebih baik dari hari ini”.


Tinggalkan Balasan

Kategori

