Tentang Surga

Keberadaan Surga

Keberadaan surga ditunjukkan dengan dalil dari al-Qur’an dan as-Sunnah. Dari al-Qur’an, di antaranya adalah firman Alloh subhanahu wata’ala, artinya,

Dan sesungguhnya Muhammad telah melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain, (yaitu) di Sidrotil Muntaha. Di dekatnya ada surga tempat tinggal.” (QS. An-Najm: 13-15)

Disebutkan di dalam as-Shohihain (riwayat al-Bukhori dan Muslim) dari hadits Anas rodhiyAllohu ‘anhu dalam kisah Isro’ Mi’roj bahwa Nabi shollAllohu ‘alaihi wasallam melihat Sidrotil Muntaha dan melihat di sisinya ada Jannatul Ma’wa. Beliau bersabda,

“Kemudian Jibril membawaku pergi hingga berhenti di Sidrotil Muntaha, maka Sidrotil Muntaha itu diliputi warna-warni yang aku sendiri tidak mengetahui apa itu. Lalu beliau bersabda, “Kemudian aku masuk ke dalam surga dan ternyata di dalamnya bertahtakan mutiara dan debunya terbuat dari misik.” (HR al-Bukhori dan Muslim)

Dan di dalam riwayat lain dari Ibnu Umar rodhiyAllohu ‘anhu, Rasululloh shollAllohu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Sesungguhnya salah seorang di antara kalian apabila mati maka akan diperlihatkan kepadanya tempat kembalinya setiap pagi dan sore. Kalau diperlihatkan bahwa dia termasuk penghuni neraka, maka dia akan menjadi penghuni neraka. Dan Jika diperlihatkan sebagai penghuni surga, maka dia akan menjadi penghuni surga. Lalu dikatakan, “Inilah tempatmu hingga Alloh membangkitkanmu pada hari Kiamat.” (HR al-Bukhori dan Muslim)

Dan masih banyak lagi ayat-ayat dan hadits yang menunjukkan bahwa surga adalah makhluk Alloh subhanahu wata’ala yang telah diciptakan, sebagaimana pula dengan neraka. Maka orang yang menyelisihi keyakinan ini adalah termasuk ahli bid’ah, seperti mu’tazilah yang mengatakan bahwa surga belum diciptakan, tetapi baru diciptakan pada hari Kiamat kelak.

 

Pintu-Pintu Surga

Alloh subhanahu wata’ala berfirman, artinya,

“Dan orang-orang yang bertaqwa kepada Robbnya dibawa ke surga berombong-rombongan (pula). Sehingga apabila mereka sampai ke surga itu sedang pintu-pintunya telah terbuka dan berkatalah kepada mereka penjaga-penjaganya, “Kesejahteraan (dilimpahkan) atasmu, berbahagialah kamu! maka masukilah surga ini, sedang kamu kekal di dalamnya” (QS. Az-Zumar: 73)

Di dalam ayat ini Alloh subhanahu wata’ala menyebutkan bahwa surga memiliki pintu-pintu, sebagaimana juga neraka. Dan pintu-pintu surga apabila nanti telah terbuka, maka akan terus dibiarkan terbuka tidak sebagaimana pintu neraka, ia akan ditutup rapat sebab neraka merupakan penjara. Alloh subhanahu wata’ala berfirman, artinya,

“Ini adalah kehormatan (bagi mereka). Dan sesungguhnya bagi orang-orang yang bertaqwa benar-benar (disediakan) tempat kembali yang baik, (yaitu) surga ‘Adn yang pintu-pintunya terbuka bagi mereka.” (QS. Shod: 49-50)

Adapun neraka, maka tidak demikian, sebagaimana firman Alloh subhanahu wata’ala,

“(Yaitu) api (disediakan) Alloh yang dinyalakan, yang (naik) sampai ke hati. Sesungguhnya api itu ditutup rapat atas mereka.” (QS. Al-Humazah: 6-8)

Rahasia di balik terbukanya pintu surga bagi para penghuninya adalah karena mereka dapat mondar-mandir, datang dan pergi ke mana saja sesuka mereka. Dan yang ke dua adalah karena malaikat masuk ke dalam surga setiap waktu dengan penuh sikap lembut dan ramah. Ini menunjukkan bahwa surga merupakan tempat aman dan kedamaian yang tidak butuh untuk dikunci (ditutup) pintunya.

Di dalam sebuah hadits, Nabi shollAllohu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Di dalam surga terdapat delapan pintu, salah satunya sebuah pintu yang disebut dengan “ar-Royyan”. Tidak memasuki pintu tersebut kecuali orang-orang yang berpuasa.”

 

Di Manakah Surga Berada?

Alloh subhanahu wata’ala berfirman, artinya,

“Dan sesungguhnya Muhammad telah melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain, (yaitu) di Sidrotil Muntaha. Di dekatnya ada surga tempat tinggal. (QS. An-Najm: 13-15)

Ayat ini menunjukkan bahwa surga itu berada di atas langit, karena Sidrotil Muntaha berada di atas langit. Dan juga firman Alloh subhanahu wata’ala, artinya,

“Dan di langit terdapat (sebab-sebab) rezkimu dan terdapat (pula) apa yang dijanjikan kepadamu.” (QS. Adz-Dzaariyaat:22)

Imam Mujahid berkata, “Yang dimaksudkan adalah surga.” Dan Ibnu Abbas rodhiyAllohu ‘anhu juga berkata, ” Surga itu berada di atas langit yang ke tujuh.”

 

Kunci Surga

Rasululloh shollAllohu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Kunci Surga adalah persaksian tiada ilah yang berhak disembah kecuali Alloh.” (HR Ahmad 5/242). Dikatakan kepada Wahb bin Munabbih, “Bukankah kunci surga itu adalah kalimat la ilaha illAlloh? Maka dia menjawab, ” Ya, akan tetapi tiadalah suatu kunci itu kecuali dia mempunyai gigi-gigi. Jika engkau datang dengan kunci yang bergigi, maka surga akan terbuka, jika tidak, maka tidak akan terbuka. Beliau memaksudkan dengan gigi di sini adalah rukun-rukun Islam.

 

Jalan Menuju Surga

Jalan menuju surga telah disepakati oleh para rosul dari awal hingga akhir hanyalah satu. Sedangkan jalan ke neraka amatlah banyak tidak terhitung. Oleh karena itu Alloh subhanahu wata’ala menyebutkan bahwa jalan yang lurus itu hanyalah satu dan menyebutkan jalan kesesatan adalah banyak. Alloh subhanahu wata’ala berfirman, artinya,

“Dan bahwa (yang Kami perintahkan) ini adalah jalan-Ku yang lurus, maka ikutilah dia; dan janganlah kamu mengikuti jalan-jalan (yang lain), karena jalan-jalan itu mencerai-beraikan kamu dari jalan-Nya. Yang demikian itu diperintahkan Alloh kepadamu agar kamu bertaqwa.” (QS. Al an’am: 153)

Dan Ibnu Abbas rodhiyAllohu ‘anhu pernah berkata, “Rasululloh shollAllohu ‘alaihi wasallam membuatkan kami sebuah garis lurus lalu bersabda, “Ini adalah jalan Alloh“. Kemudian beliau membuat banyak garis di sebelah kanan dan kirinya lalu bersabda, “Ini adalah jalan-jalan, dan pada setiap jalan itu terdapat syetan yang menyeru ke sana.” Lalu beliau membacakan ayat tersebut di atas.

 

Tingkatan Surga

Surga memiliki tingkatan-tingkatan, sebagaimana firman Alloh subhanahu wata’ala, artinya,

”(Kedudukan) mereka itu bertingkat-tingkat di sisi Alloh, dan Alloh Maha Melihat apa yang mereka kerjakan.” (QS. Ali Imron: 163)

Itulah orang-orang yang beriman dengan sebenar-benarnya. Mereka akan memperoleh beberapa derajat ketinggian di sisi Robbnya dan ampunan serta rejeki (nikmat) yang mulia.” (QS. Al-Anfaal:4)

Tingkatan surga tertinggi adalah surga Nabi Muhammad shollAllohu ‘alaihi wasallam yaitu “Al Wasilah” sebagaimana dalam hadits riwayat imam Muslim dari Amr bin al-Ash rodhiyAllohu ‘anhu bahwa dia mendengar Nabi shollAllohu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Apabila kalian mendengar muadzin (sedang adzan) maka ucapkanlah seperti yang dia ucapkan kemudian bershalawatlah kepadaku, karena barangsiapa yang bershalawat kepadaku satu kali maka Alloh akan bershalawat untuknya sepuluh kali. Kemudian mintalah untukku Al-Wasilah, Karena ia merupakan kedudukan di surga yang tidak layak kecuali hanya untuk seorang hamba saja dari hamba-hamba Alloh, dan aku berharap orang itu adalah aku. Barangsiapa yang meminta untukku al-Wasilah maka dia berhak mendapatkan syafa’atku. (HR. Muslim).

 

Nama-nama Surga

Surga biasanya disebut dengan Jannah, dan inilah nama yang umun digunakan untuk menyebut tempat ini dan segala yang terdapat di dalamnya berupa kenikmatan, kelezatan, kemewahan, dan kebahagiaan. Nama-nama lain dari Surga di antaranya yaitu:

1. Darus Salam

Sebagaimana firman Alloh subhanahu wata’ala, artinya,

“Bagi mereka (disediakan) Darussalam (surga) pada sisi Robbnya dan Dialah Pelindung mereka disebabkan amal-amal sholeh yang selalu mereka kerjakan.” (QS. Al-An’am: 127)

Surga adalah Darussalam (negri keselamatan) dari segala musibah, kecelakaan, dan segala hal yang tidak disukai, dan dia merupakan negri Alloh subhanahu wata’ala, diambil dari nama Alloh “as-Salam”. Alloh subhanahu wata’ala pun mengucapkan salam atas mereka,

“Di surga itu mereka memperoleh buah-buahan dan memperoleh apa yang mereka minta. (Kepada mereka dikatakan), “Salam”, sebagai ucapan selamat dari Robb Yang Maha Penyayang.” (QS. Yaasiin: 57-58)

2. Jannatu ‘adn

Sebagaimana firman Alloh subhanahu wata’ala, artinya,

“(Yaitu) surga ‘Adn yang mereka masuk ke dalamnya bersama-sama dengan orang-orang yang sholeh dari bapak-bapaknya, istri-istrinya, dan anak cucunya, sedang malaikat-malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu, (sambil mengucapkan), “Salamun ‘alaikum bima shabartum”. Maka alangkah baiknya tempat kesudahan itu.” (QS. Ar-Ra’d: 23-24)

3. Jannatul Khuld

Karena penduduknya kekal di dalamnya dan tidak akan berpindah ke alam (tempat) lain. Alloh subhanahu wata’ala berfirman, artinya,

”Katakanlah, “Apakah (azab) yang demikian itu yang baik, atau surga yang kekal yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertaqwa?” Surga itu menjadi balasan dan tempat kembali bagi mereka.” (QS. Al-Furqan: 15)

4. Darul Muqamah

Sebagaimana firman Alloh subhanahu wata’ala, artinya,

“Dan mereka berkata:”Segala puji bagi Alloh yang telah menghilangkan duka cita dari kami.Sesungguhnya Robb kami benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” Yang menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga) dari karunia-Nya; di dalamnya kami tiada merasa lelah dan tiada pula merasa lesu”. (QS. Faathir: 34-35)

5. Jannatul Ma’wa, al-Ma’wa artinya adalah tempat menetap sebagaimana firman Alloh subhanahu wata’ala dalam surat an-Najm di atas. Disebut demikian karena surga merupakan tempat menetapnya orang-orang mukmin.

6. Jannatun Na’im

7. Al Muqamul Amin

 

*) Sumber: Buku “Biladul Afrah”, Sulaiman bin Shalih al-Khurasyi, Gambaran surga secara ringkas dari kitab “Hadil Arwah” Imam Ibnul Qayyim.

Responses

  1. subhannallah mudah2an allah memberikan karunia surga untuk kita

  2. subhanallah.. tapi terkadang aku berfikir bagaimana kalau ternyata selama ini ibadah ibadah ini dilakukan karena surga, bukan di karenakan cinta padaNya, ikhlas padaNya.. bolehkah???
    ^^

  3. surga dan neraka adalah benda/makhluk ciptaan tuhan, jadi menurut saya, saya tidak beribadah untuk mengejar benda tersebut…..

    sepengetahuan saya, tidak mengapa mengharapkan surga dalam beribadah, sebab kalau kita tidak boleh berharap surga dari Allah, bisa jadi secara tidak langsung kita telah menghina Allah. Sebab dalam dalam hal ini Alloh sendiri yang telah menawarkannya, menjanjikannya, serta menyediakannya. Kalau kita lihat dalam Alqur’an Alloh berfirman:
    Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan, “Tuhan kami ialah Allah” kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan, “Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih; dan gembirakanlah mereka dengan jannah yang telah dijanjikan Allah kepadamu.” (QS. Fushshilat: 30)
    Untuk lebih lengkapnya, baca jawaban ustadz atas pertanyaan senada, di situs eramuslim di sini.

    – zuhudhi -

  4. ya allah betapa kagumnya aku tentang surga karna sebenarnya nikmat yang paling besar yaitu di surga

  5. sesungguhnya manusia itu harus menjalankan ibadah supaya kita bisa masuk surga dan jauhkanlah kami-kami ini orang yang percaya akansemua kekuasaan -MU YA ALLAH

  6. Ya Allah Tuhan semesta alam,jadikanlah kami [umat muslim] orang2 yang beruntung dan pantas mendapatkan surgaMu,terimalah amal ibadah kami,puasa kami,sholat kami yg telah kami usahakan atas namaMu,curahkanlah rahmatMu bagi kami,dan berikanlah Al-washilah kepada junjungan kami,Nabi kami,Pemimpin kami,Kekasih kami,Muhammad SAW.Amin

  7. Ass.wr.wb
    Sesungguhnya, sgla yg ada dMuka bumi ini adalah milik, serta kKuasaan drpda ALLAH swt!
    Sprti: gunung yg indah, lautan yg kaya, mlm yg sjuk, sungai yg jernih, serta pohon” yg teduh dgn hewan2 yg ada di dlmNya!
    Namun, Qta sbgy mkhluknya jg tnpa mrsa brSalah, mencampuri urusan ALLAH dgn merusak smua ciptaan dan tatanan yg dtetapkan ALLAH tanpa batas yg telah dipeliharaNYA dgn kasih dan syg!

    Betapa Qta telah mNjadi smbg juga angkuh serta tidak mNsyukuri nikmat ALLAH dan tamak akan kpntingan duniawi dan lpa kpd ALLAH.!
    Oleh karna itu, qta hrus bnyk2 mhon ampun kpd Allah, bhwasanNya qta hrus sdar dan tlah mnyakiti hatiNYA!
    Ssungguhnya kLw bkn krna Allah maha pengampun maka dia akan mngazab qta dgn murkaNYA yg amat dahsyat!

    Saya sbgy umat rasulullah saw, hanya ingin mengingatkan sdra/sdri seiman Islam u/ tetap mNjaga kLestarian alam yg smakin rusak!
    Krna bumi mrupakan crminan surga yg sbenarnya juga indah!
    Dan ini smua mrupakan amanah dr Allah kpd ayah qta Adam a.s yg trus trwaris kpd qta sbgy anak cucunya!
    Smga qta mNjdi hamba Allah yg brtakwa dan mNjadi yg soleh serta soleha di sisiNYA!
    _amin_
    wsw.wr.wb

    >>> wa’alaikumsalam warohmatulloh wabarokatuh.
    Sepakat! Amin…

  8. Ya Allah hadirkan kami dalam surgaMu. Amin..

  9. kalo syurga Firdaus, Ar-Royyan tu seperti apa?

    >>>Syurga itu ibarat rumah/bangunan, nah Ar-Royyan itu (salah satu) pintunya. Rasululloh Sholallohu ‘alahi wassallam. bersabda: “Sesungguhnya di dalam surga terdapat satu pintu yang dinamakan pintu ‘ar-Royyan’ yang hanya dimasuki oleh orang-orang yang berpuasa. Ditanyakan (oleh pintu tersebut): ‘Di manakah orang-orang yang berpuasa?’ Maka mereka pun masuk dari pintu tersebut. Setelah semua orang yang berpuasa memasukinya, pintu itu pun ditutup dan tak akan ada lagi yang masuk melaluinya.” (HR. Muslim, dari Sahl Ibn Sa’d).
    Dalam hadits tersebut Nabi Sholallohu ‘alahi wassallam menerangkan keutamaan puasa dan kedudukan orang-orang yang berpuasa di sisi Alloh.

  10. Dalam Hadits Qudsy serta buku yang pernah saya baca, diceritakan bahwa surga itu adalah negeri-negeri yang meliki kota-kota. Tiap surga memiliki bangunan-bangunan kota dan istana yang berbeda-beda. Ada surga yang bangunannya dari permata, ada pula intan, emas, bahkan yang serba kaca. Dalam Hadits Qudsy yang saya baca, menjelang hari akhir, Allah melalui malaikatnya, memerintahkan surga-surga itu untuk berhias diri. Makanan dan minuman yang dimakan di surga itu akan keluar dari tubuh kita sebagai keringat yang sangat wangi. Jangankan suasananya, anginnya yang berhembus menerpa kita saja akan membuat kita diam tak bergerak karena nikmatnya. Bahwa “janna” menurutnya berarti “kenikmatan”. Wallahu’alam

  11. Bismillahirrahmanirrahim.

    Dulu saya pernah mendapatkan buku tentang penciptaan Adam dan tentang keadaan surga dalam penglihatan Rasulullah dalam perjalanan malamnya [mi'raj], menurut al-Qur’an dan Hadits Qudsy. Tapi sayang, buku besar yang ditulis tangan itu hilang. Namun yang melekat dalam ingatan saya, bahwa begitu banyak digunakan angka tujuh dalam buku tersebut. Yaitu penciptaan bumi dalam enam masa dan selesai pada masa yang ke tujuh, tujuh tingkatan langit, tujuh tingkatan surga, tujuh tingkatan neraka, tujuh sungai di surga, tujuh proses penciptaan Adam, tujuh proses kejadian manusia, tujuh gerakan shalat, tujuh ayat yang diulang-ulang [dalam shalat], dan,,, cuma itu yang masih sempat saya ingat. Wallahualam!

  12. Apakah akan terbuka pintu SurgaMu untukku…?

  13. Semoga kita semua bisa mendapatkan syurga yg kekal di sisi Allah swt..dan semoga kita terlepas dari tipu daya syaitan yg mencelakakan.ingatlah hanya kepada Allah yg akan menyelematkan kita dari kehancuran. Wassalamualaikum wrb..

    >>> Wa’alaikumussalam warohmatulloh. Amiin.

  14. terima kasih

  15. “Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa itudi dalam taman-taman surga dan sungai-sungai,di tempat yang di senangi,di sisi Tuhan yang Berkuasa”.(QS,al-Qamar:54).

  16. aslkm wr wb
    maaf sodara2ku,,saya cman pgen bgi2 komentar…..smoga berkenan.
    sbenarnya yg dimaksud surga ada 7 pintu itu artinya surga terdiri dari 7 planet bgitu jg neraka jg trdiri dr 7 planet,yaitu;
    1.arsy
    2.adn
    3.darusalam
    4.lauhul mahfudz
    5.telaga kautsar
    6.firdaus
    7.sidratul muntaha
    kalo pgen tw lbih byk n jlas silkan share di emailku oktav_fendy@yahoo.com

  17. ass
    dalam alquran surat 4 ayat 152 dijelaskan :
    “adapun orang2 yg beriman kpd Allah dan rasul-rasulNya dan tdk membeda-bedakan diantara mereka (para utusan),kelak Allah akan memberikan pahala kpd mreka.Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”

    jadi jelas klo kita tdk boleh membeda2kan utusan dan kt tdk blh kultus kpd nabi muhammad,,klo mau kultus ya ke Allah saja…

  18. izin copy-ya

    >>> Taffadhol. Silakan.

  19. dosa dosa ku tak terhitung bagai debuu . . .
    ya Illahi ampunkanlah .. agar aku dapat menikmati surga-Mu

  20. keanggungan mu, tak dpt lagi di ungkapkan oleh kta-kta ya allah

    subhanallah

  21. assalamualaikum , terimakasih untuk banyak info bermanfaat di sini, sekalian kami menyampaikan majalah kami edisi terbaru
    http://www.4shared.com/document/iUPRkUeE/Majalah_Ababil_Edisi_4_Juni_20.html

  22. trimakasih atas jalan nya,,
    doa kan saya teman2

  23. subhanawloh ternyata tidak sulit untuk memauki surga.kita hanya tunduk dan mengikuti apa yang di perintahkan oleh aloh…..tapi terkadang kita sebagai manusia sangaat sulit untuk itu

  24. ya Allah..yang Maha Menguasai segala sesuatunya,jadikan aku hamba yang bukan hanya tunduk paMU tanpa sebuah keikhlasan, tapi jadikan Aku hambamu yang selalu takut dan ikhlas beribadah kepadaMU dan berikan kemudahan bagiku tuk selalu jadi orang2 yang ada di jalan lurusMU..amin.

  25. Sesungguhnya semua itu milik Allah, dan kita akan kembali kepada Allah, Allahlah yang akan menempatkan kita sesuai dengan Amalan. Semoga Allah selalu menunjuki ke jalan_Nya. Amiin

  26. yg pnting hnya kpdNYA aku berlindung..

  27. tiada ilah selain ALLAH,,,,,,,

  28. assalamualaikum.. maaf saya ingin bertnya?
    apakah tidak ada keterangan mengenai

    6. Jannatun Na’im

    7. Al Muqamul Amin

  29. apakah semua umat islam itu akan masuk syurga …….???

    >>> Benar, semua umat Islam akan masuk surga, perhatikan sabda Rosululloh berikut ini. Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Semua umatku pasti masuk surga, kecuali yang enggan.” Para sahabat pun bertanya, “Siapakah orang yang enggan itu wahai Rosulalloh?”. Beliau menjawab, “Barangsiapa menaatiku masuk surga dan barangsiapa yang mendurhakaiku maka dialah orang yang enggan itu.” (HR. Bukhori)
    Akan tetapi, bagi Anda yang merasa aman dengan status muslim Anda, jangan senang dulu…. Berhati-hatilah, sebab ada hal-hal yang menjadikan Keislaman seseorang itu BATAL. Silakan baca artikel Pembatal-Keislaman. Wallohu a’lam.

  30. berteriak malam tuhan kami adalah allah turun dari langit dua malaikat untuk menjaganya dan di janjikan masuk surga

  31. surga emang usah ya buat di kejar mudah2an aq masuk surga amiennnnnn

  32. Ya Allah, jadikanlah kami termasuk orang2x yg beruntung. Amin. .

  33. Semoga Allah mengampuni dosa dosa kita, dan memasukan ke dalam golongan orang yg beruntung.

  34. subhanallah :)
    walhamdulillah ..
    bertambahlah ilmu yg saya dptkn darii situs inii ..

  35. amiiin smoga allah memasukan kita ke surganya krn cinta kasihnya kepada kita

  36. syukran.

  37. surga yg ke-6 dan ke-7 koq gk ada penjelasan nya yah…emg surga ini buat org” yg gmn…tolong penjelasan nya! trima ksh

  38. d mana-mana pun ada surga dan ada neraka. itu lah bumi,,.. memilih yg baik atau yg jahat,.. itu lah dunia. kesenangan dan kesusahan ,,.. itu harus d usahakan.. takkan air hujan masuk ke dalam gelas..

  39. Semoga kita termasuk penghuni Surga Al Wasilah dan mendapat ridha Allah kelak..Amin..

  40. insya allah.allah melindungi kita dari neraka.

  41. Sungguh dosa2ku amat banyak.ya Allah hamba mohon ampun……ampunilah dosa2ku.

  42. Subhanallah walhamdulillah Allahuakbar MasyaAllah….Allahuma salli Alla Muhammad………ya Rahman..dosa2 kami tak terhitung bagai buih dilautan,ya rabby Ampunilah kami dan berilah limpahan Rahmadmu Aamiin Aamiin YRA…….

  43. Subhanallah walhamdulillah wala illahaillahu allahu akbar…ampunilah dosa2ku Ya Allah dan masukan aku didalsm surga Mu amiiin


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 49 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: